Sabtu, 23 Januari 2010

APA PERLUNYA MENGATASI OBESITAS PADA ANAK-ANAk?



Apa yang ada dalam pikiran anda sewaktu anda melihat foto anak seperti yang terpampang disini ini? Lucu? Menggemaskan?

Atau anda menganggap hal (foto) ini tidak usah dipikirkan, karena dia toh masih anak-anak. nanti pada saat dewasa akan berubah dengan sendirinya.
Anda keliru !

Kita harus waspada terhadap obesitas yang terjadi pada masa anak-anak. Ini bukan bukan masalah sepele. Masalah ini harus ditangani dengan segera.

Penanganan yang keliru atau terlambat akan berakibat terjadinya lingkaran setan, yang pada akhirnya akan menghasilkan manusia dewasa yang tidak bahagia (karena kesehatannya tidak sempurna).

Ini adalah foto anak usia 9 tahun, gemuk, dan di tenggkuknya sudah terlihat adanya "daki".
Tapi ini bukan daki! Ini juga bukan kotoran karena kurang bersih saat mandi!

Ini adanya gejala yang disebut "hyperpigmentasi", yang sebenanya adalah satu gejala / tanda sudah terjadinya proses "penuaan" (aging process) pada anak yang baru umur 9 tahun ini!

"Daki" ini tidak bisa dibersihkan di salon / klinik kecantikan, ini adalah petanda adanya "insulin resistance" (salah satu dari sekian tanda-tanda "proses penuaan dini").

Cara satu-satunya untuk mengatasi adalah dengan ber-diit atau mengatur makanannya, agar berat badannya turun / normal kembali.

Anak-anak disuruh ber-diit?? Hampir tidak mungkin!! Minum obat diit?? Secara medis tidak dibolehkan / berbahaya bagi kesehatan!!

Kalau tidak diatasi sekarang, maka ketika usia 30-an dia memiliki risiko yang tinggi untuk sakit jantung dan pembuluh darah. Pada usia 40-an ada risiko kanker.

Apa anda sampai hati menjerumuskan anak anda ke "jurang" risiko-risiko ini??


Walau sepintas mengatasi obesitas pada anak-anak ini hampir mustahil, sebenarnya masih ada satu metoda / treatment yang masih bisa dilakukan, dan metoda ini tidak terlalu sulit dilakukan (asal si dokter memahami cara melakukan-nya).

Mengenai metoda tesebut diatas ini akan saya kemukankan pada lain kesempatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar